Mengikis Belenggu Masalah

Posted by Kruirz On Tuesday, August 21, 2012 0 komentar



Masalah adalah sesuatu yang biasa terjadi dan selalu ingin dihindari oleh semua orang. Namun sayangnya, masalah tidak selalu bisa terhindarkan baik itu masalah pekerjaan, keluarga, relasi, ekonomi atau bencana. PLANning yang baik, DO yang signifikan dengan planning, STUDI yang mumpuni serta berkesinambungan dan ACTION yang menghasilkan gebrakan positif, bisa menghindarkan kita dari masalah, bahkan menghasilkan result yang menguntungkan.

Bagaimana jika masalah tersebut tetap muncul, sedangkan kita sudah sekuat tenaga menghindarinya? Jika orang tersebut jenis orang yang NEGATIVE, yang terjadi adalah, orang tersebut akan semakin merasa down, demotivasi, bingung, buntu dan sang waktu terasa begitu panjang. Sedangkan orang yang berjenis POSITIVE cara berpikirnya, dia akan memilih untuk melakukan BREAKTHROUGH.

BREAKTHROUGH
Jikalau kita masuk dalam sebuah kubangan masalah, maka seolah-olah kita merasa berenang dan bertahan di sebuah samudera yang maha luas dan tak bertepi. Maka kita harus mencoba mengamati diri kita dahulu, jangan-jangan:

1.   Kita terlalu dekat dengan masalah tersebut, maka masalah yang timbul sangat mempengaruhi emosi kita.

2.  Para pemain olah raga sangat sukar melihat permainan mereka tersebut baik atau tidak. Penonton atau pelatih mereka justru merasa lebih tahu permainan, mengetahui letak kelemahan pemain dan merasa tahu segalanya dibanding dengan para pemain itu sendiri.

TEROPONG

Sebagai orang yang bijak, tentu saja kita tahu bahwa diri kita sangat membutuhkan orang lain untuk melihat masalah kita dan minta pendapat mereka sebagai konsultan kita, tentu saja orang tersebut adalah orang yang tepat, bisa atasan, orang tua, seorang ahli, sahabat, kolega atau orang lain yang dianggap mumpuni. Kenapa orang lain tersebut lebih bijak dibanding kita? Alasannya jelas, orang lain tersebut sangat jauh dengan masalah yang kita hadapi dan mengakibatkan mereka tidak terlibat secara emosi. Orang yang mandiri akan berpikir bagaimana melakukan teropong secara imaginative, layaknya kita sedang melihat diri kita sendiri dari bintang-bintang di langit ke bumi tempat kita berpijak, walaupun kita sadar bahwa sebenarnya kita masih berada di tengah-tengah bumi yang sedang dilanda masalah tersebut.

Temukan formula yang tepat yang didapatkan dari study baik dari orang lain maupun pembelajaran diri sendiri, maka formula yg manjur tersebut seharusnya dapat mengobati permasalahan tersebut. Kebanyakan, obat atau serum penyembuh yang pernah diketemukan di bumi justru dibuat dari virus itu sendiri, bisa dikatakan dari penyakit itu sendiri. Penemuan-penemuan yang besar diketemukan karena banyaknya percobaan-percobaan yang gagal. Jadi masalah yang kita hadapai tersebut sebenarnya adalah step atau proses menuju sebuah penemuan yang baru dari cara hidup kita menuju ke visi kita. Sang waktu merupakan formula yang terkadang membuat masalah-masalah yang datang silih bergantidapat dibuat tidak berarti apa-apa.


Yakin, bahwa, semua masalah yang timbul dan diberikan untuk kita adalah ladang ujian dan pembelajaran bagi kita bak kawah candra dimuka. Dimana masalah-masalah tersebut tidak membuat manusia menjadi semakin jatuh dan binasa, akan tetapi membuat tulang-tulang kita bertambah kuat, aliran darah menjadi lancar karena adrenalin kita terbiasa bergerak dengan cepat dan otak kita lebih terasah lagi. Kalau Anda pernah melihat film “BATMAN BEGIN”, ada adegan dimana si batman kecil terjatuh dan masuk ke dalam sumur tua berisi kelelawar-kelelawar. Batman kecil kemudian ditolong oleh sang ayah namun tidak ditegur atau dimarahi seperti kebanyakakan orang tua, akan tetapi justru diberi pertanyaan dan jawaban, “Kenapa kita terjatuh Nak? Jawabannya adalah,”Agar kita belajar untuk bangun.”

Sumber : Unknown

Semoga artikel Mengikis Belenggu Masalah bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Post a Comment


Cincin Emas Cantik Model Terbaru.

Terpopuler

Arsip

Kategori Pendidikan

Kategori Pekerjaan